Catat Jadwalnya, 10 Perusahaan Jepang Buka Loker di Jawa Barat

Perncari Kerja

Sekitar 10 perusahaan asal Shizouka, Jepang akan buka lowongan kerja untuk warga di Provinsi Jawa Barat (Jabar) lewat bursa kerja atau job fair di Bandung, pada Sabtu dan Minggu (11-12 Januari 2020).

"Kami sudah menghadirkan 10 perusahaan yang berada di Shizuoka yang akan datang besok serta job fair itu akan diadakan pada Sabtu serta Minggu esok," kata President serta CEO Fujinokuni Infrastructure Center Hironori Yano, di Kota Bandung, Kamis.

Fujinokuni Infrastructure Center adalah lembaga yang ditugaskan Pemerintah Shizuoka Prefectur untuk menyelenggarakan Job Fair di Kota Bandung, Jawa barat.

Hironori Yano didampingi Wataru Fukuda (Chief Representatif Office Shizuoka Frefectural Governmet di Singapura) melakukan perjumpaan dengan Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil di Gedung Negara Pakuan Bandung.

Hironori menjelaskan sejauh ini Pemerintah Shizuoka serta Pemprov Jawa barat sudah punya jalinan kerja sama yang bagus.

Dalam peluang itu, katanya, pihaknya ingin menegaskan program kerja sama yang nyata di antara Pemerintah Shizouka, Jepang dengan Pemprov Jawa barat lewat bursa kerja untuk masyarakat Jawa barat lulusan program S1 serta S2 yang dapat bahasa Jepang.

Terakhir, tuturnya, pada November 2019, Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil lakukan kunjungan kerja ke Shizouka.

"Dan barusan Pak Gubernur (Jabar) mengemukakan keinginan pada kami agar kerja sama ini terus berlangsung untuk memberi faedah atau peran buat perekonomian kedua daerah," katanya.

Saat ditanyakan berapakah jumlahnya lowongan kerja yang disiapkan pada job fair itu, Hironori menjelaskan kurang tahu jumlah pastinya.

"Kami belum mengetahui berapakah yang akan diterima oleh perusahaan tetapi yang tentu itu 10 perusahaan dari Shizuoka yang hadir. Serta itu bergantung dengan hasil wawancaranya. Sekarang yang mengatakan turut berperan serta lebih dari 550 orang akan diwawancarai," katanya.

Ke-10 perusahaan asal Shizouka, Jepang yang buka lowongan kerja pada job fair itu beroperasi di sektor manufaktur, konstruksi, retail dan lain-lain.

"Tetapi intinya manufaktur sebab perfektur kami salah satunya perfektur yang populer di bagian manufaktur, selanjutnya ada perusahaan otomotif yang terkemuka perusahaan yang menghasilkan alat musik," katanya.

Sedangkan itu, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil menyambut baik diselenggarakan job fair itu.

Gubernur Emil menjelaskan bursa kerja itu adalah langkah nyata pihaknya terkait kerja sama juga dengan daerah lain di luar negeri.

"Ini adalah contoh provinsinya di Jepang terutamanya Shizuoka. Di jaman saya itu dikonkretkan, berarti ini bukan cuma ceremony ceremony begitu. di setiap saya pergi apa hasilnya," katanya.

Menurutnya, wilayah Shizouka sekarang krisis sumber tenaga manusia, terutamanya dari golongan anak muda.

"Karena itu anak muda Jawa barat jika ingin pengalaman kerja yang paling nyata ke Jepang. Mereka perlu hingga 300.000 tenaga kerja dan umumnya memang 4.0, para enginer," katanya.

0 Response to "Catat Jadwalnya, 10 Perusahaan Jepang Buka Loker di Jawa Barat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel